INSPIRING

Articles

Grand Dafam Surabaya Membersihkan Monumen Kapal Selam

Saturday, August 11, 2018


Surabaya, 11 Agustus 2018 - Dalam rangka menyambut Hari Kemerdekaan Ke-73 Republik Indonesia, segenap Tim Manajemen dan karyawan Grand Dafam Surabaya melaksanakan pembersihan Monumen Kapal Selam Surabaya (Monkasel), pada hari Sabtu, 11 Agustus 2018 yang lalu. Diawali dengan briefing singkat oleh pengelola Monkasel, para relawan bebersih dibagi ke dalam kelompok-kelompok kecil untuk melakukan pembersihan, baik di luar kapal selam, maupun di dalamnya.
 
Monumen Kapal Selam Surabaya yang disingkat sebagai Monkasel, dibuka untuk umum pada 15 Juli 1998, sebagai salah satu obyek wisata andalan kota Surabaya. Monumen yang berupa kapal selam utuh ini dibuat pada tahun 1952 di Vladivostok, Russia, dan mulai bertugas menjaga kedaulatan nusantara pada matra Angkatan Laut Republik Indonesia pada 29 Januari 1962. Bernomor lambung KRI-410 Pasopati, telah berpartisipasi aktif menjaga kedaulatan perairan Indonesia berikut 11 kapal selam lainnya yang menjadikan Indonesia sebagai angkatan bersenjata terkuat di Asia Tenggara pada kurun waktu 1950-1960-an.
Dengan semangat membela tanah air dan mengenang jasa KRI Pasopati, Superteam Grand Dafam Surabaya, bersama pengelola Monkasel melakukan deep-cleaning setiap bagian kapal selam hingga detail. "Preserve History; kami usung sebagai tema utama CSR merawat peninggalan sejarah di Surabaya. Selain berjarak terjangkau dengan berjalan kaki dari hotel, Monkasel juga telah kami anggap sebagai saudara." ujar Firman S. Permana, General Manager Grand Dafam Surabaya. "Tak sebatas bersih-bersih, kedepannya akan ada bermacam-macam kegiatan yang kita galang bersama." imbuhnya.

Seusai kegiatan bersih-bersih, dilanjutkan dengan ramah tamah antara karyawan Grand Dafam Surabaya bersama pengelola Monkasel dengan hidangan jajanan pasar. Dalam kesempatan tersebut dilakukan pula pertukaran cenderamata; pihak pengelola Monkasel diwakili oleh Wagino menyampaikan miniatur KRI 410 Pasopati, dan Firman S. Permana mewakili Grand Dafam Surabaya menyampaikan cake berbentuk kapal selam.
Grand Dafam Surabaya, diharapkan dapat mulai beroperasi pada September 2018.

Serah terima cenderamata antara Grand Dafam Surabaya dan Pengelola Monkasel.

Superteam Grand Dafam Surabaya